Ikan Layur, Ikan Laut yang mirip Pedang

Ikan Layur, Ikan Laut seperti Pedang

Ikan Layur (Trichiurus lepturus) yang sering disebut ikan pedang, karena bentuknya yang panjang seperti pedang dalam bahasa inggris dikenal Fish Belt.

Usia ikan Layur bisa mencapai usia 15 tahun, dengan panjang hingga mencapai panjang 2 meter dan berat maksimum ikan ini yang tercatat adalah 5 kg. Kegemarannya pada siang hari berkeliaran di perairan dangkal dekat pantai kaya plankton dan krustasea yang menjadi sumber makanan utamanya selain menjadi predator bagia ikan - ikan kecil, udang dan cumi. Ketika malam hari ikan ini akan mendekat ke dasar perairan.

Ikan Layur tersebar di perairan tropika maupun sedang. Diketahui ikan Layur yang ada di Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik merupakan jenis / populasi yang berbeda.

Cara Ikan Layur Berkembang biak :
Pemijahan ikan Layur tidak mengenal musim di daerah tropis, namun umumnya pemijahan di perairan dingin terjadi pada musim semi dan musim panas.

Ikan Layur termasuk ikan yang dikonsumsi, dagingnya yang kenyal, tidak terlalu amis, serta tidak berminyak dan tulangnya mudah dilepas. di Indonesia ikan Layur dijadikan ikan asin. Ikan Layur juga sering dijadikan sebagai umpan pancing.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Layur :