Cupang Alam atau Cupang Liar memiliki Pesona Alami

Cupang Alam atau Cupang Liar memiliki Pesona Alami

Ikan Cupang adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik serta agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Banyak jenis dan spesies dari ini, lebih dari 70 spesies dari ikan Cupang yang telah teridentifikasi saat ini. Namun hampir semua ikan Cupang yang ada dipasaran pada saat ini baik Cupang aduan maupun Cupang hias berasal dari jenis Betta Splendens. Betta Splendens termasuk ke dalam golongan ikan Cupang bubblenest, yakni Ikan yang berkembang biak dengan membuat sarang busa "gelembung udara" yang dibuat induk jantan sebagai tempat menyimpan telur - telurnya hingga menetas.

Beberapa jenis ikan Cupang berkembang biak dengan cara menyimpan "mengerami"  telur - telurnya di dalam mulut induk jantan (mouth breeder). Biasanya orang-orang menganggap bahwa ikan Cupang alam adalah golongan ikan mouth breeder. Akan tetapi ada beberapa jenis ikan Cupang alam yang berkembeng biak secara bubblenest.


Ikan Cupang alam ialah jenis ikan Cupang yang bukan hasil kawin silang. Namun tidak sedikit peternak telah membudidayakan beberapa spesies dari ikan Cupang alam ini. Sebagian ikan Cupang yang juga sering disebut Cupang liar ini memiliki keindahan yang mempesona baik dari bentuknya maupun dari warnanya.

Berikut 5spesies Ikan Cupang Alam golongan Mouthbreeder :

Betta macrostoma (Bruney Beauty)


Betta pugnax (Forest Betta)


Betta taeniata (Banned Betta)


Betta unimaculata (Golden Slender)


Betta edithae (Betta Brederi)


Klasifikasi Ilmiah Ikan Cupang :
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Osphronemidae
Subfamili: Macropodusinae
Genus: Betta

Mengenal 73 Spesies Ikan Cupang Lengkap
Mengenal 73 Spesiesnya Lengkap